Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan Golongan Narkotika yang Populer di Indonesia Versi SehatQ.com

Narkotika merupakan salah satu bahan atau obat yang dapat mempengaruhi kondisi psikologi dan kejiwaan seseorang. Penggunaan obat tersebut dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan ketergantungan. Untuk itu, ketahui apa saja jenis dan golongan narkotika paling populer di Indonesia.

Golongan Narkotika

Berbagai Jenis dan Golongan Narkotika

Banyak orang yang menggunakan narkotika dengan alasan meringankan stress, hingga sebagai pelarian masalah hidup. Padahal, penyalahgunaan obat tersebut dapat memberikan efek samping yang merugikan. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis narkotika yang cukup populer, diantaranya seperti:

1.  Ganja

Ganja merupakan salah satu jenis tanaman yang mengandung zat pengubah akal sehat. Zat terlarang ini sendiri merupakan salah satu jenis narkotika yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri ganja menjadi salah satu jenis narkotika yang cukup populer.

Orang-orang bahkan kerap menggunakan ganja kering dengan memasukkannya pada lintingan rokok. Tidak jarang seseorang juga mengosongkan tembakau pada rokok kemudian diganti dengan ganja. Narkotika jenis ganja ini sendiri termasuk sebagai golongan I.

2.  Heroin

Narkotika golongan I ini umumnya disebut dengan putau. Merupakan salah satu jenis narkotika yang sering dijual dalam bentuk serbuk putih atau kecokelatan serta sudah dicampur dengan pati, gula, atau susu bubuk. Sementara heroin murni umumnya berbentuk serbuk putih dengan rasa sangat pahit.

Umumnya, heroin banyak digunakan dengan cara dihisap atau dimasukkan ke dalam rokok. Zat ini juga kerap dicairkan dengan cara dipanaskan di atas sendok kemudian disuntikkan ke otot, pembuluh darah, hingga jaringan di bawah kulit.

3.  Ekstasi

Merupakan bahan kimia sintetis yang memiliki efek kompleks meniru stimultan shabu serta senyawa halusinogen. Umumnya ekstasi ini dipatenkan oleh perusahaan farmasi yang ada di Jerman, Merck tepat pada tahun 1910 serta dimanfaatkan sebagai obat peningkat mood dan diet.

Kemudian pada tahun 1985, DEA atau AS Drug Enforcement melarang penggunaan obat tersebut karena ditemukan potensinya yang dapat merusak otak. Efek lainnya dari narkotika golongan I ini adalah dapat menyebabkan kecemasan depresi, insomnia, hingga kehilangan ingatan.

4.  Shabu

Merupakan stimultan obat yang cukup adiktif. Memiliki bentuk seperti kristal putih dengan ciri tidak berbau serta terasa pahit. Umumnya zat terlarang ini dikonsumsi dengan cara dimakan, dihisap, disuntikkan ke dalam tubuh, dilarutkan dalam air, hingga dimasukkan ke dalam rokok.

Efek penggunaan shabu dalam jangka pendek bahkan dapat menyebabkan insomnia serta menurunkan nafsu makan. Narkotika ini termasuk sebagai narkotika golongan I yang dapat menyebabkan berbagai masalah berbahaya pada jantung, seperti menjadikan detak jantung lebih cepat dan menjadi tidak teratur.

Hentikan Penggunaan Narkoba dan Konsultasikan pada SehatQ.com

Narkotika merupakan zat berbahaya yang sangat mengancam kehidupan seseorang baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk itu, sangat penting dalam memberikan edukasi mengenai zat terlarang tersebut demi mencegah penyalahgunaan narkotika itu sendiri.

SehatQ.com hadir bagi siapa saja yang ingin mendapatkan informasi serta artikel kesehatan lainnya termasuk mengenai narkotika. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap dimana saja dan kapan saja serta berkonsultasi langsung kepada dokter ahli dan berpengalaman di bidangnya.

Segera konsultasikan masalah yang sedang mengganggu kehidupan Anda, kemudian hindari penggunaan narkotika karena hal tersebut bukanlah solusi tepatnya. Penggunaan narkotika hanya akan memberikan bahaya dan efek negatif lainnya dalam tubuh seseorang.

Bagi Anda yang sudah terlanjur kecanduan ada baiknya segera melakukan rehabilitasi secepatnya. Bagi yang belum menggunakannya maka jangan coba-coba untuk menyentuh zat terlarang tersebut termasuk setiap golongan narkotika dengan alasan apapun.

Posting Komentar untuk "Jenis dan Golongan Narkotika yang Populer di Indonesia Versi SehatQ.com"